Loading...
11 July, 2021, by Admin Covid Kubu Raya

Bupati Kubu Raya Percepat Vaksinasi di Desa-desa Zona Merah, Orange dan Kuning

Bupati Kubu Raya Percepat Vaksinasi di Desa-desa Zona Merah, Orange dan Kuning

Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat Muda Mahendrawan mengatakan, dengan dilakukan strategi terhadap sebaran pelaksanaan vaksinasi di setiap desa, dirinya yakin gelombang penyebaran COVID-19 bisa ditekan sedini mungkin. Yang mana sebaran pelaksanaan vaksinasi massal ini dilakukan di 75 Dusun yang tersebar di 17 Desa dan 4 Kecamatan.

“Yang paling utama di 17 Desa dulu, karena ke 17 desa ini memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga penyebaran kasusnya sangat rentan terjadi. Mengingat dari 17 desa itu terdapat 6 desa yang masuk dalam zona merah, 5 desa zona orange dan 11 desa zona kuning. Selain itu, desa desa tersebut juga sebagian besar berada di hinterland yang langsung berbatasan dengan kota pontianak yang cukup rentan penyebaran COVID-19. 

Jika itu bisa kita dilakukan dengan maksimal, maka penyebaran dan lonjakan kasus COVID-19 akan bisa lebih dikendalikan”, kata Bupati Muda Mahendrawan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Ketua TP. PKK Rosalina Muda di kantor Desa Sungai Raya Dalam, Kamis (8/7/2021) pagi. 

Bupati menuturkan, setiap harinya rata-rata ada 7 atau 8 dusun dari beberapa desa yang melakukan vaksinasi massal, maka akan ada 2.000 sampai 3.000 warga yang divaksin. Yang mana sejak tanggal 1 sampai 7 Juli 2021 sudah ada 24 dusun yang tersebar di 17 desa di empat kecamatan telah melaksanakan vaksiansi yang berlangsung di masing-masing kantor desa. Untuk hari ini sebanyak 9 dusun di 3 desa yang tersebar di 3 kecamatan serentak menggelar vaksiansi massal diantaranya  Dusun Ambawang Kuala, Parit Naim dan Dusun Parit Meliau Desa Ambawang Kuala Kecamatan Sungai Ambawang, Dusun Nirwana Desa Sungai Kakap, Dusun Melati Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap, Dusun Taman Raya Desa Sungai Raya Dalam, Dusun Tanjung Puri, Dusun Arang Jaya, Dusun Wonodadi Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya.

“Jika jumlah vaskinasi ini konsisten dilakukan dan rata-rata perharinya 2.000 sampai 3.000 warga yang divaksin, jika dikalkulasi selama 29 atau 30 hari perbulannya maka akan ada 70.000 sampai 80.000 warga kita yang divaksin setiap bulannya”, ujar Bupati.

Upaya menekan lonjakan kasus COVID-19 di Kubu Raya, Bupati Muda minta warga menahan diri dulu untuk bepergian kecuali sangat mendesak urusannya dan jangan dulu pergi ke tempat-tempat yang rentan penyebaran Covid yang sering kali orang berkumpul, karena dengan Covid ini cara kita menavigasi diri dan keluarga bagaimana menghindarinya dengan menjaga daya tahan tubuh dan imunitas kita agar tetap terjaga baik. 

“Untuk saat ini semua kepentingan harus mampu kita belakangkan dulu atau mengalah dulu dengan lebih mementingan jaga kesehatan dan keluarga sekitar kita. Karena sehat saja kita sudah bersyukur dalam situasi kondisi seperti saat ini, hal-hal lain yg masih bisa ditunda, lebih baik tunda dulu agar lebih tenang agar suasana batin kita bisa tetap terjaga di internal keluarga dan sekitar", pesannya.

Selain itu, Bupati juga meminta warga harus mampu menjaga emosionalnya dan cukupkan istirahat serta jangan terlalu lelah termasuk lelah berpikir. 

"Jika ada anggota keluarga yang baru sampai ke rumah diingatkan untuk segara ganti baju dan cuci tangan kaki terlebih dulu sebelum berinteraksi di rumah", imbuhnya.


Oleh: Rino Kartono Mawardi