Loading...
18 October, 2020, by Admincovid

Kubu Raya Menanjak mengejar Herd Immunity

Kubu Raya Menanjak mengejar Herd Immunity

Capai 12.653 Peserta Tervaksinasi Dalam Pelayanan Vaksinasi Massal Kubu Raya

Optimis kata yang tepat untuk Kubu Raya Menanjak mengejar Herd Immunity. Antusias warga mengikuti vaksinasi massal COVID-19 lanjutan dengan pendaftaran secara online melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya di gelar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) semakin meningkat perharinya di lihat dari antrian peserta yang tak terputus memenuhi kantor Bupati Kubu Raya serta tetap disiplin protokol kesehatan yang selalu di ingatkan oleh para petugas.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya jumlah warga yang mengikuti vaksinasi massal COVID-19 selama 7 hari dimulai tanggal 22 s/d 25 Juni 2021 kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 28 s/d 30 Juni 2021 berjumlah 12.653 orang tervaksinasi melalui kegiatan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Marijan mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal sejak minggu lalu sampai vaksinasi massal lanjutan dimulai hari senin sampai hari terakhir ini semua berjalan aman dan lancar. Kadinkes KKR inipun tak tanggung-tanggung di hari terakhir pelaksanaan ikut menjadi tim vaksinator dan menyuntikan vaksin covid-19 di beberapa peserta vaksin. Beliau menuturkan secara kocak dengan kalimat "saya lihat satu kursi petugas kosong, jadi demi kelancaran bersama saya turun menjadi tim vaksinator",tuturnya.

"Target kita setiap harinya sebanyak 2.000 warga yang divaksin, karena yang dientri itu sebanyak 1.000 lebih saja sedangkan yang belum dientri jumlahnya cukup banyak, sebab adanya kendala dari tenaga, SDM dan tergantung pada signal”, ujarnya.

Kadinkes KKR menambahkan, karena hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan vaksinasi massal, maka semua warga yang sudah terdaftar akan langsung dilayani, termasuk yang mendaftar melalui pendaftaran online yang mencapai 4000 peserta terdaftar.

“Meski hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan vaksinasi massal di kantor bupati Kubu Raya, namun kita tetap membuka pelayanan vaksinasi melalui Puskesmas, Pustu dan Polindes serta kami juga melibatkan setiap desa untuk jemput bola pemberian vaksinasinasi khususnya bagi lansia dan kami akan dekatkan petugas kita di setiap kepada para lansia”, ucapnya.

Marijan menuturkan, dalam menjalankan jemput bola ini, pihaknya juga akan menerapkan sistem ‘kepong bakol’ dengan melibatkan dan berkoordinasi bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek dan Koramil yang ada di masing-masing desa dan kecamatan. Sehingga warga yang berada di pelosok Kubu Raya juga akan terpenuhi kebutuhannya untuk mendapatkan vaksinasi ini.

Waktu penutupan vaksinasi massal covid-19 massal pukul 15.30 Wib, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi dan bersyukur melihat antusias dan gelombang warga yang datang semakin hari semakin ramai. Kondisi itu menunjukan warga Kubu Raya semakin sadar butuh vaksin dan semakin tidak ragu terhadap manfaat vaksin.

Tentunya hal itu menjadikan Pemkab Kubu Raya semakin optimis sepanjang vaksin tersedia maka target mengejar herd immunity (kekebalan kelompok) akan tercapai di Kubu Raya dan kita optimis herd immunity sebesar 70 persen ini bisa tercapai, asal stok vaksinnya bisa lebih cepat. Kita bersinergi dengan TNI dan POLRI. Jika stok kita tinggal sedikit, nanti dari TNI atau POLRI bisa membantu begitu juga sebaliknya kita saling memperkuat”, kata Muda Mahendrawan Bupati Kubu Raya. 

"Dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi dan mencapai herd immunity, kita menerapkan sistem 'Kepong bakol', yang mana setiap Puskesmas mengajak Satgas COVID-19 Desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk membantu masyarakat maupun lansia yang mau divaksin", ucapnya.

Bupati menjelaskan, pemerintah Kubu Raya juga menerapkan program Selasa-Jum'at (Salju) terpadu dalam mengejar target vaksinasi lansia yang saat ini terdapat sekitar 43 ribu lansia akan dilakukan secara door to door, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi ini.

“Saya yakin, masyarakat sudah memahami dan kita semua butuh vaksin, Karena dengan vaksin ini menjadi upaya kita untuk saling melindungi satu dengan lainnya," pungkasnya. serta jangan lupa dengan pesan Kubu Raya dalam pelaksanaan vaksin kali ini

VAKSINKU MELINDUNGIMU,

VAKSINMU MELINDUNGIKU, 

AKU, KAMU, KITA SALING MENJAGA DARI BAHAYA COVID-19,

SALAM MENANJAKAN KEBAHAGIAN

DARI KUBU RAYA UNTUK INDONESIA", ujar Bupati Kubu Raya.